6 July 2009

KDW0103 Seri 03 dari 41 seri/esai

Modul Kuliah : Kuliah Dasar Wisatahati / KDW-01
Materi Modul : Kuliah Tauhid
Judul Materi : Allah Sebagai Pusat

Allah Sebagai Pusat
Orang-orang yang mengenal Allah dan meyakini-Nya, insya Allah akan tenang hidupnya,
jauh dari kekhawatiran, jauh dari kegelisahan.
Bu Yuyun, sebut saja begitu, punya anak semata wayang yang ia besarkan tanpa suami. Sejak
putranya ini masuk SMA kelas 1, suaminya meninggal. Dari hari ke hari ia kuatkan batinnya
bahwa ia TIDAK SENDIRIAN dalam membesarkan anaknya. Ia bersama Allah. ALLAH
SELALU MENEMANINYA. Ini yang ia yakini. Saban shalat ia berdoa agar diberi
kemampuan membesarkan anaknya dan memiliki rizki yang cukup. Ya, bener loh. Hampir
saban shalat.
Saya banyak belajar dari Bu Yuyun ini. Ketika banyak orang gelisah, ia hidup tenang. Sebab
ada Allah di hatinya, ada Allah di pikirannya. Ketika banyak orang ketakutan dan risau
dengan dunianya, ia tenang-tenang saja. Persis seperti meja, yang begitu tenang sebab
memiliki empat kaki yang kuat yang menopang keberadaannya. Hidupnya begitu santai. Dan
ini yang menjadikannya lebih kaya ketimbang orang yang kaya tapi hidup selalu penuh
dengan kekurangan.
Sebagai ikhtiar dunianya, ia membuka jahitan rumahan. Ia bertutur, selalu ada saja pelanggan
di saat yang tepat ia membutuhkan rizki. Sudah diatur Allah, begitu katanya.
Sejauh ini, aman-aman saja.
Sampe kemudian anaknya ini pergi hari itu untuk melihat kelulusannya; masuk atau tidak ia
ke perguruan tinggi yang ia idam-idamkan.
Bu Yuyun berdebar-debar. Ia tahu, kalau anaknya lulus, ini masalah buat dirinya. Kalau
anaknya tidak lulus, pun masalah buat dirinya juga. Tentu saja ia senang dapat masalah dalam
bentuk anaknya lulus. Masalahnya tentu saja apalagi kalau bukan uang kuliah anaknya. Tapi
segera ia banting sesuai dengan pengalamannya selama ini. Ada Allah Yang Maha Memberi
Rizki. Dan ini yang membuatnya tenang.
Ia kenal dengan Allah, bahwa Allah selama ini senantiasa mencukupkan rizki buat dirinya
dan anaknya.
Ia tahu bahwa Allah Maha Tahu bahwa ia sedang membesarkan anaknya. Dan Allah pun tahu
bahwa hari ini akan ada khabar tentang nasib anaknya. Kondisi ini sudah ia sampaikan ke
Allah jauh-jauh hari, bahwa ia butuh biaya buat anaknya lulus. Dia yakin, Allah pasti akan
memenuhi kebutuhan anaknya, dan atau memberikan yang terbaik. Ia malah bersemangat
sekali untuk menambah kedekatan dirinya dengan Allah. Sekali lagi, ini yang membuatnya
tenang.
Dan memang Allah Maha Mengatur. Sehari setelah anaknya dinyatakan lulus, Allah kirimkan
paman anaknya ini, alias adik almarhum suaminya. Hari itu, beliau berkunjung silaturahim.
Dan Allah alirkan rizki untuk anaknya, lewat pamannya ini. Bukan hanya untuk uang masuk
kuliahnya saja, tapi juga untuk biaya kuliah secara keseluruhan.
Semoga saya bisa belajar lebih banyak lagi dari Bu Yuyun ini.
I’m coming ya Allah. Saya datang kepada-Mu ya Allah. Semestinya, dengan banyaknya
masalah dan hajat saya, saya lebih bersemangat lagi dan tanpa lelah mendatangi-Mu dan
memohon pada-Mu.
Bolehlah dibilang bahwa hidup ini harus punya keyakinan terhadap Yang Kuasa. Tanpa ini,
akan lemah sekali kita menjalani hidup ini. Dan untuk memiliki keyakinan, buka diri buka
hati untuk menerima ilmu dan pengajaran tentang keyakinan. Kita sama-sama meminta
kepada Allah agar Allah betul-betul membukakan mata hati kita bukan saja untuk mengenal-
Nya, tapi juga untuk meyakini-Nya; yakin akan Kebesaran-Nya, yakin akan Kekuasaan-Nya.
Kita butuh Allah. Dan senantiasa akan selalu butuh Allah. Maka bertuhanlah Allah. Sebenerbenernya
pertuhanan. Supaya Allah betul-betul menjaga kita, menolong kita, dan
menyediakan apa-apa yang kita perlukan yang kita butuhkan. Jangan sampai kita hidup
seperti tidak punya Allah. Allah Maha Memberi Rizki, tapi hidup kita susah. Allah Maha
Menolong, tapi setiap ada hajat dan masalah, selalu merasa mentok. Kalo bahasa saya mah,
Allah dianggurin. Alias “dibikin nganggur’, sebab jarang kita deketin, jarang kita mintakan
bantuan-Nya.
Insya Allah doa bi doa. Saya mendoakan Anda semua, dan Anda juga doakan saya. Supaya
Allah betul-betul hadir di kehidupan kita dan berkenan hadir di kehidupan kita.
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah",
kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun
kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan
janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh)
surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu".
Kami-lah Pelindungmu di dunia dan di akhirat; Di dalamnya kamu memperoleh
apa yang kamu inginkan dan apa yang kamu minta.
Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang”. (Qs. Fushshilaat: 31-32).

Ada baiknya peserta KuliahOnline mempelajari sedikit kisah Bu Yuyun ini, pelan-pelan.
Betul-betul diresapi. Kenapa ada orang yang begitu dimudahkan urusannya sama Allah, dan
mengapa ada yang sepertinya diblok, dipersulit oleh Allah. Saya meminta Saudara-saudara
semua bersabar, mempelajari Kuliah Tauhid ini mahlan mahlan, pelan-pelan. Sebab setelah
Kuliah Tauhid ini Saudara akan ngebut belajar tentang sesuatu yang membuat Saudarasaudara
semua ada percepatan di semua urusan. Termasuk di urusan mengubah hidup,
memperbaiki hidup, dan di urusan pencarian solusi buat permasalahan kehidupan yang
sedang dihadapi. “Ilmu instan” ini akan bahaya di kedepan harinya, manakala Saudarasaudara
tidak punya basic tauhid yang bagus. Saya tidak terlalu perduli omongan kawankawan
pengelola Kuliah Tauhid yang mengatakan, ada baiknya memberi banyak pelajaran
buat kawan-kawan peserta KuliahOnline agar banyak yang didapat. Saya tidak perduli. Saya
bahkan ketika belajar, dapat jauh lebih sedikit ketimbang ini.
Pernah satu ketika saya datang ke seorang ulama. Saya mengadu tentang masalah saya
kepadanya. Meminta nasihat darinya. Saya datang dari jam 20 malam. Sampe jam 00 saya
belum juga dipanggilnya. Boro-boro diajak bicara. Disuruh mendekat pun tidak. Di awal sih
saya diajak bicara. Tapi bicaranya ketus sekali, “Koq datang lagi?!!!”. Saya jawab, “Ya,
sebab masalahnya beluman selesai”. “Ya sudah, tunggu sana”, katanya, sambil menunjuk
satu sudut teras majelisnya.
Saudara-saudaraku Peserta KuliahOnline, saya kemudian menunggu dengan sabarnya. Tapi
ga urung saya gatel juga untuk tidak bertanya. Saya bertanya, “Kyai, sudah jam 12 (malam),
kapan saya dikasih kesempatan bicara?”. Waktu itu saya lihat tamunya tinggal sedikit. Saya
berharap saya bisa nyelang walo sebentar.
Ternyata saya salah. “Yang nyuruh situ dateng siapa?”
“Ga ada. Saya sendiri”.
“Ya sudah, tunggu saja!”.
Wah, andai tidak ada husnudzdzan, baik sangka, niscaya saya sudah kesal bukan kepalang.
Saya tentu akan mengatakan kepada Kyai ini, tidak menghargai tamu. Tapi ya itu. Saya
menerima apa kata guru, dan saya memilih menerima perlakuan guru.
Kira-kira jam 01-an, mendekati jam 02 pagi, saya baru dipanggilnya.
Beliau lalu bertanya, “Tahu IBM ga?”
Sungguh pun saya tahu, tapi saya bingung. “Apa urusannya dengan masalah saya tuh IBM?”,
tanya saya. Tentu saja dalam hati. Saya ga berani bertanya langsung. Akhirnya saya jawab
singkat saja, “Tahu, Kyai”.
“Nah, IBM itu punya VPN, Virtual Private Network, jaringan jalur khusus. Ntar gue kasih
VPN buat elu yang bisa jadi jalur khusus elu berdoa kepada Allah. Insya Allah hutang elu
yang segede gunung, kempes dah!”.
Kejadian dialog ini terjadi sekitar tahun 2003. Kyai Betawi ini memang kerja di Perusahaan
Asing. Perusahaan Perancis.
Sumpah. Saat itu saya merasa Kyai saya akan memberi saya sesuatu yang gimanaaa gitu.
Sesuatu yang BESAR yang bakal instan membuat saya selesai masalah saya. Sim Salabim.
Begitu saya pikir. Ternyata saya tidak sepenuhnya benar. Malah, sempat berkernyit dan
tertawa kecil.
Kyai tersebut masuk ke dalam rumahnya, dan sejurus kemudian keluar lagi membawa DUA
PENTOL KOREK API. Dua korek api itu dilempar ke arah saya. “Nih pake nih...”, katanya.
Ngasihnya bener-bener dilempar. Sebab beliau ngasih sambil berdiri. Sedang saya duduk di
bawahnya. “Itu korek api, VPN buat elu. Pake tuh yang bener. Udah gih dah, pulang!”.
Saya pulang akhirnya. Kurang lebih 6 jam saya menunggu, hasilnya 2 korek api saja!
Menggerutu ga saya? Ntar dulu. Saya berpikir bahwa saya barangkali belajarnya kudu sedikit
demi sedikit. Tapi apa ya maksudnya?
Pelan-pelan saya pikirkan. Hingga akhirnya saya mengaitkan dengan kalimatnya tadi:
“Nah, IBM itu punya VPN, Virtual Private Network, jaringan jalur khusus. Ntar
gue kasih VPN buat elu yang bisa jadi jalur khusus elu berdoa kepada Allah. Insya
Allah hutang elu yang segede gunung, kempes dah!”.
Saya akhirnya mampu mengkorelasikan 2 korek api yang nyaris tanpa kata-kata itu
dengan kalimat singkat Kyai. Rupanya saya disuruh bangun malam. Jangan banyakin
tidur. Bagaimana-bagaimananya dengan 2 korek api ini, saya bahas di Kuliah Pilihan
tersendiri yang judulnya: Rahasia Angka 11. Silahkan dah nanti login di sana, setelah
KuliahOnline 41 esai ini selesai.
Satu hal yang mau saya kata, adalah sabar. Belajar itu harus sabar. Kita sama berdoa
kepada Allah, agar Allah betul-betul berkenan memberi kita ilmu yang bermanfaat dunia
dan akhirat. Sesuatu yang sedikit yang diberi-Nya manfaat dan ada ridha-Nya, niscaya
menjadi sesuatu yang betul-betul berpengaruh positif bagi hidup kita. Wallaahu a’lam.
Ok, sampe ketemu dengan materi besok. Besok saya akan tambahin dengan pelajaran di
balik Kisah Bu Yuyun, termasuk kenapa koq sepertinya bisa “satu malam”?
Saya mohon maaf atas semua kesalahan saya dalam memberikan pengajaran. Mudahmudahan
Saudara-saudara memaklumi cara saya mengajar ini. Sekali lagi saya berdoa
mudah-mudahan segala biaya, waktu, energi Saudara dalam mengklik website ini
menjadi amal ibadah dan dihitung sedekah Saudara. Sampaikan ilmu ini kepada
sebanyak-banyaknya orang. Tapi sarankan kepada mereka semua, agar mengikuti saja
KuliahOnline ini secara langsung, mandiri, agar ada keberkahan lebih banyak buat
semua yang terlibat.
Insya Allah tanggal 30 sore saya mengagendakan ketemuan darat (kopi darat), sekaligus
syukuran KuliahOnline ini. Insya Allah akan diberitahukan lebih lanjut oleh Web Admin
dari KuliahOnline ini. Salam dan doa saya untuk Saudara-saudara semua. Mohon
doanya ya. Waktu saya susun dan edit esai kuliah ini, saya sudah mau jalan ke rumah
sakit. Bayi saya masih dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita. Mudah—mudahan
Saudara-saudara tergerak memberikan doa buat kami semua. Terima kasih ya.


0 komentar:

Post a Comment